10 April 2010

JOGJAKARTA (EPISODE 2): SEKITAR KRATON

Hari ke-2 dimulai dengan mengejar Kereta Pramex jam 8.30 karena mau ngejar Skaten di Solo jam 10an. Kita dianter dengan mobil ke Stasiun Jogjakarta. Berhubung ada yang kebelet pada detik-detik keberangkatan dari rumah, jadi aja kita agak telat berangkat dari rumah. Sampai di depan stasiun tepat jam 8.30, tepat saat pintu rel kereta ditutup dan tepat saat kereta mulai jalan. Buyar sudah rencana ke Solo. Terpaksa kita kudu merelakan kepergian Pramex di depan mata :( Skaten di Jogja ketinggalan, Skaten di Solo pun ketinggalan... mungkin kita memang tidak ditakdirkan menonton acara seperti itu :(

Akhirnya kita merubah rencana hari itu dengan jalan2 mulai dari Stasiun Jogja - Malioboro - Kraton. Berhubung masih pagi, Malioboro masih sepi jadi ga ada yang bisa diliat-liat. Mampir di Pasar Beringharjo sebentar karena penasaran liat dalemnya kaya gimana. Panas dan gerah banget di dalem pasar, ga betah deh belanja di sana. Lanjut ke Mirota Batik yang lebih adem ayem (karena pake AC). Karena batiknya gitu-gitu aja, kita melihat ke lantai 2 tempat pernak-pernih. Ada beberapa yang dibeli, tapi ga banyak juga karena males juga kalo jalan2 bawa banyak gembolan.

Berikutnya kita ke Benteng Vredeburg. Seperti layaknya Museum, isinya ya dorama-dorama tentang Jogjakarta semasa jaman penjajahan Belanda sampai G30S/PKI. Kalau yang tertarik ngeliat dorama atau sejarah Jogjakarta, bisa mengunjungi Vredeburg tapi bagi saya sih kurang menarik :D

Beres dari Vredeburg kita lanjut ke Kraton bagian luar. Ga ada apa2 di Kraton bagian luar jadi kita lanjut ke Museum Kareta Karaton. Di sini banyak kereta kuda yang disakralkan. Kereta kudanya tampak antik dan beberapa tampak Wah, meski tetap lapuk dimakan umur. Ada yang percaya kalau air bekas nyuci kereta kuda di sini membawa berkah. Banyak pula sesaji yang ditaruh di sekitar kereta kuda. Inilah Jogja yang belum bisa lepas dari kepercayaan nenek moyang padahal mereka mengaku sebagai muslim.

Karena cuaca yang puaaanaaasss sekali, jalan dari stasiun sampai ke Museum Kareta bener-bener melelahkan (selain karena jauh juga sih...) Waktu menunjukan jam 12.45, kita lanjut ke Pemandian Taman Sari, tapi kali ini pake becak karena udah ga kuat jalan dan jauh pula lokasinya dari Museum Kareta. Sampai di Taman Sari, kita shalat dulu di mesjid depan pintu masuk Taman Sari. Memasuki area Taman Sari, cuaca semaki terasa menyengat dan gerah karena kita masuk ke area kolam renang. Sehabis keliling sebentar, kita naek becak lagi menuju Taman Pintar karena di taman ini kita dijemput untuk kembali ke rumah, sebelum berangkat lagi ke Candi Prambanan.

Jam 14.30 sampai di Taman pintar dan selagi nunggu mobil menjemput, kita keliling taman dulu. Namanya juga taman pintar, memang ditujukan untuk anak-anak. Yang menarik, di sini ada beberapa alat unik yang sangat berguna seperti tempat isi air minum.

Harga Tiket:
Benteng Vredeburg : Rp. 750,-
Kraton : Rp. 3.000,-
Museum Kareta : Rp. 3.000,-
Taman Sari : Rp. 3.000,-

0 comments:

Posting Komentar