02 Mei 2009

BROMO - BANYUWANGI - BALI (EPISODE 6)

EPISODE 6: SOUTH OF BALI, GWK & KECAK DANCE

Dari Teluk Benoa kita lanjutkan bermotor ria menuju GWK (Garuda Wisnu Kencana). Jaraknya lumayan ga begitu jauh. Nyampe di GWK sekitar jam 3an dan itu pas panas – panasnya cuaca. Berhubung GWK letaknya di gunung kapur yang di papas, suhu di sana makin terasa panas aja. Makin menggosongkan kulit eksotis kita (baca: item).

Dari pintu masuk, kawasan monumen GWK terlihat kurang terawat, mungkin karena belum jadi 100%. Tapi begitu kita liat patung Wisnu-nya yang telanjang dada, tanpa lengan… wow… kita bisa membayangkan betapa gede ini patung kalo udah jadi 100%. Sampai saat ini (Maret 2009) baru sekitar 20% dari patung GWK yang udah beres (mak…lama amat ya…beresenya ni patung). Sampai saat ini baru badan+kepala Wisnu, kepala Garuda dan tangan Wisnu yang sudah jadi, tapi itu juga belum digabungin jadi satu.

Dari design tata letak patung, GWK ini nantinya bakal menghadap matahari terbenam. Dibuat jalur dimana matahari bakalan jatuh terbenam melewati jalur itu (ga kebayang kerennya kalo nih patung udah jadi). Berhubung area wisatanya belum kelar 100%, jadi kita cuma keliling2 bentar, foto2 narsis, manjatin tebing kapur, liat2 toko souvenir terus cabut lagi menuju Uluwatu buat ngeliat Tari Kecak.

Berhubung Tari Kecak mulai jam 17.30, kita ngebut naek motornya biar ga ketinggalan tariannya. Nyampe disana, bangku udah hampir penuh dan acara udah hampir dimulai.

Dibuka dengan segerombolan laki – laki telanjang dada masuk ke panggung sambil teriak2 “cak-kecak-kecak-kecak…” (kl teriaknya “tong-otong-otong…” namanya tari si otong donk…). Tari Kecak nyeritain ttg drama klasik Rama – Shinta yang diculik Rahwana dan diselamatkan Hanoman. Ga ada alat music yang nemenin tarian ini, musiknya ya dari para lelaki yang teriak “cak-kecak-kecak”.


Tarian semakin menarik saat masuk ke klimaks cerita. Saat matahari mulai terbenam, cerita mulai masuk ke klimaks ceritanya. Saat matahari sudah tenggelam tarian pas di klimaksnya yaitu saat Hanoman mau dibakar tapi diselametin ama Dewa Wisnu dengan cara diberi kekuatan. Ada acara Hanoman nendang2 bola api segala, pokoknya keren abis deh… (must see)

Selesai nonton Tari Kecak kita makan malem di Jimbaran. Suasana makan di pinggir pantai ok juga nih… Makanannya juga lumayan enak meski berpotensi meningkatkan kolesterol dalam tubuh :( Dari Jimbaran kita balik ke penginapan untuk istirahat.

0 comments:

Posting Komentar