27 Agustus 2009

SUMBAR (EPISODE 5): PANORAMA BUKITTINGGI

Hari ini adalah hari terakhir kita liburan di Sumatra Barat. Seluruh barang udah di packing karena kita mau cek out dari hotel jam 8 pagi. Ini hari ke - 3 dan hari terakhir di Bukittinggi, tapi kita belum ngeliat Ngarai Sianok yang terkenal. Kemaren pagi sempet mau ngeliat Ngarai Sianok, tapi berhubung masih jam 6 pagi, ngarainya masih ketutup ama kabut tebal.

Beres sarapan dan check out kita langsung jalan kaki ke Panorama - Ngarai Sianok yang jaraknya cuma 50 m dari hotel. Sayangnya ngarai masih ketutupan kabut tipis jadi ga keliatan. Akhirnya kita masuk ke Lobang Jepang yang berada di daerah Panorama - Ngarai Sianok. Ditemani oleh guide lokal yang ngejelasin tentang Lobang Jepang kita masuk ke kedalaman 65 m. Menurut si guide, lobang ini ada di tengah - tengah antara dasar ngarai dan kota atas ngarai. Ngarai sendiri dalemnya +/- 100m.

20 menitan kita ada di dalem lobang, ngeliat lorong - lorong, penjara, ruang makan, dsb yang dibi
kin ama pekerja paksa yang didatangkan oleh Jepang dari luar Sumatra. Di dalam Lobang Jepang ga tampak menakutkan, terang dan ga pengap juga. Lobang tempat persembunyian rahasia tentara Jepang jaman penjajahan ini ditemukan penduduk lokal 1 tahun setelah Indonesia merdeka. Tapi yang jadi pertanyaan sampai saat ini seputar lobang ini adalah ga ada yang tau kemana tanah hasil galian lobang dibuang karena penduduk lokal jaman itu juga ga tau ada penggalian lobang di sekitar ngarai ini.

Keluar dari lobang, ngarai udah ga ketutupan kabut lagi. Pertama kita ngeliat ngarai, wah indah bener... Lalu kita diajak ama si guide ke lokasi yang bisa ngeliat ngarai lebih luas lagi. Foto - foto sebentar dari atas ngarai, kita keluar dari Panorama sekitar jam 8.30. Tak lupa sebelumnya ngasih tips ke si guide Rp.50rb untuk satu jam muterin Lobang Jepang dan Panorama Ngarai Sianok.

Beres dari Panorama kita menuju ke Kebun Binatang Bukittinggi. Sebenernya ini bukan tujuan wisata kita di Bukittinggi tapi berhubung masih ada waktu sebelum pulang, ya ga apa - apa lah liat kebun binatang dan Benteng Fort De Cock dulu disini. Kebun binatang ini terletak di dua lokasi yang dipisahin oleh jembatan. Dari jembatan ini kita bisa ngeliat seantro Kota Bukittinggi. Keluar dari kebun binatang, kita dijemput di Jam Gadang untuk pergi ninggalin Kota Bukittinggi. Hari itu tanggal 18 Agustus dan di Kota Bukittinggi perayaan kemerdekaan Indonesia ramenya pas tanggal 18. Ada parade dari masyarakat setempat tapi sayang kita ga sempet nonton karena harus cepet balik menuju ke bandara.

Sebelum ke bandara kita mau mampir dulu ke Danau Maninjau. Sebelum ke Danau Maninjau kita beli Gulai Itiak Lado Mudo di bawah ngarai untuk dibungkus dan dimakan nanti di Danau Maninjau. Kita ke danau melalui jalan alternatif di bawah ngarai karena kalau lewat jalan utama takutnya ketemu yang lagi parade 17an.

Sejam kemudian kita sampai di Danau Maninjau. Danaunya tampak lebih bagus dari Singkarak dan hawanya lebih sejuk. Daerah danau ini adalah tempat kelahirannya Buya Hamka dan disini jarang ada perhotelan, masih terasa nuansa desanya. Kita berhenti di salah satu warung untuk makan itik lado hijau yang kita beli sekalian beli perkedel Ikan Rinuak khas Danau Maninjau. Itiknya rasanya pedes tapi enak dan perkedel ikannya pun gurih dan enak :)

Beres makan siang kita lanjutkan perjalanan pulang. Tapi sebelum pulang kita mau mampir lagi di Minangkabau Village untuk berfoto pake baju penganten khas Minangkabau hehehe...