08 April 2010

JOGJAKARTA (EPISODE 1): SEKATEN & GUA CERMAI

Skaten Jogja

Awal tahun 2010 ini Genk Asik jalan2 ke Jogjakarta. Pergi pake pesawat paling pagi dari Jakarta, sampai di Jogja jam 7 pagi. Kebetulan hari itu adalah libur nasional Maulid Nabi Muhammad dan di Kraton Jogja setiap Maulid Nabi diadakan acara Sekaten. Sesudah istirahat sebentar dan sarapan kita menuju ke Kraton (sekitar jam 10 pagi). Sampai di Kraton, ramenya minta ampun, dan kita pun harus berjalan kaki dari area parkir motor depan Museum Vredeburg ke Kraton. Cuaca hari itu panasnya luar biasa. Sayang sekali karena saking berjubelnya area Kraton, kita ga bisa jalan cepet dan akhirnya telat untuk melihat ritual Skaten. Setelah acara Sekaten selesai, kita hanya berfoto2 dengan Abdi Dalem Kraton. Inilah yang menarik dari masyarakat Jogja, mereka masih mempertahankan apa yang kata mereka "budaya leluhur" yang menurut saya kontradiktif dengan agama yang kebanyakan dianut masyarakat Jogja.

Beres dari menonton Skaten, jam 11 kita lanjut bermotor ke Gua Cermai. Di perjalanan, saya mencari mesjid buat Jumatan, tapi anehnya sudah jam 12 tapi masjid - masjid yang saya temui masih kosong. Akhirnya saya berhenti untuk Jumatan di salah satu mesjid sumbangan Dompet Dhuafa, dan ternyata sampai Jumatan dimulai, hanya ada 25 orang jamaah ckckckck... Bermotor di Jogja, apalagi sampai untuk jarak yang jauh, sangat menguras tenaga karena panasnya cuaca di sana.

Jalan ke Gua Cermai menanjak dan kita sampai di sana jam 2 siang. Bermotor 3 jam benar2 menguras tenaga karena udara sangat panas, apalagi kita naek ke dataran yang lebih tinggi. Tiket masuk Rp. 2000, belum termasuk asuransi dan senter. Jika mau ke Gua Cermai jangan lupa bawa baju rangkap karena guanya terendam air dari mulai yang selutut sampai yang sedada dan lebih baik masuk ke dalam pake senter. Guanya cukup panjang, kita butuh waktu 1,5 jam jalan dari pintu masuk gua sampai ke luar. Pengalaman yang mengasikan masuk ke Gua Cermai karena ini adalah gua terpanjang yang saya masuki. Rutenya lumayan tidak monoton, ada air terjun kecil, ada lorong dimana kita perlu sampai jongkok untuk masuk ke dalam, ada pula tempat yang dipakai orang yang mau bersemedi di dalam gua.

Pulang dari Gua Cermai jam 4 sore, sampai di Jogja langsung cari tempat makan malam. Malam itu kita makan di Sate Samirono yang kondang di Jogja. Sate ayam atau kambing, bumbu kecap atau kacang, semuanya cukup enak. Berhubung kita belum tempat nginap, kita nyari tempat nginap dulu dan semuanya full booked karena sedang long weekend dan ada acara Sekaten. Sampai jam 22.30 kita belum dapet tempat nginap, akhirnya kita nginep di rumah temen yang kira2 30 menit bermotor dari Kota Jogja. Rencana besok, kita mau ke Kota Solo pake kereta Pramex jam 8 pagi untuk melihat Skaten ala Solo...